4 CARA MENGATUR STARTUP PROGRAMS DI WINDOWS 7

Jika anda sudah meng-install banyak software atau aplikasi di komputer Windows anda, maka bukan tak mungkin proses startup loading pada saat pertama kali menyalakan komputer akan terasa lebih lama. Ini dikarenakan kebanyakan software akan mengatur initial startup secara otomatis pada saat kita menyalakan komputer dan login ke user account kita. Semakin banyak software yang melakukan initial startup, maka semakin lama waktu loading pertama komputer kita.
Tapi jangan khawatir, ini bisa diatur pada  menu konsol MS CONFIG (Microsoft Configuration). Silahkan baca terus ya tutorial cara mengatur startup programs pada Windows 7, ini juga bisa dilakukan di Windows XP.
Dengan peluncuran Windows 7Microsoft telah membuat beberapa perubahan sistem operasi. Pengaturan program startup yang mirip dengan sistem operasi sebelumnya Program Startup disimpan dalam folder tertentu pada hard drive. Ketika proses booting sistem operasi, link yang tercantum dalam folder ini menjalankan aplikasi masing-masing. Mengubah pengaturan untuk aplikasi startup saat ini melalui alat konfigurasi sistem.


Cara Mengatur Startup Programs


  •  Arahkan mouse anda ke Icon Windows di kiri pojok monitor anda. Klik tombol “Start dan ketik msconfig” di box “Search Program & Files . Ini membuka konsol Konfigurasi Sistem. Pada Windows XP, ketikkan “msconfig di box “run”.



  •  Klik  “Startup” tab. Ini akan memperlihatkan semua program yang sudah di install sebagai pilihan startup  pada komputer Anda.



  •  Centang kotak dari aplikasi yang ingin dijalankan saat boot komputer. Untuk program yang tidak lagi ingin aktif pada saat booting / startup, kosongkan kotak cek. Pada Windows XP hati-hati, jangan semua di uncheck (kosongkan tanda centang), karena nanti salah-salah ada beberapa software bawaan dari Windows tidak bekerja, seperti tombol volume  misalnya.



  • Klik “Apply” dan tutup jendela konfigurasi. Sebuah jendela popup akan menanyakan apakah Anda ingin reboot komputer. Klik “Restart” untuk reboot komputer dan menyimpan perubahan. Setelah reboot, komputer anda akan terasa cepat loading pertamanya karena hanya sedikit software yang melakukan initial startup.


Cara Menambahkan Link ke Folder Startup


  • Klik Windows tombol “Start dan pilih All Programs
  • Klik kanan Startup folder dalam menu dan pilih “Open All Users. Pilihan ini membuka folder untuk semua pengguna pada komputer. Pilih “Explore untuk membuka folder untuk pengguna saat log in.
  • Klik kanan folder atau file yang ingin dimulai ketika komputer boot. Pilih “Copy dari menu.
  • Klik kanan dalam folder Startup yang dibuka pada langkah awal diatas. Pilih paste dari daftar menu. Program ini sekarang akan terbuka pada saat Anda menjalankan komputer.
Share this article :
 

+ komentar + 3 komentar

25 March 2016 at 04:44

Thnkz broo atas info nya

25 March 2018 at 23:58

keren min, makasih sudah share....
blower infrared

15 October 2018 at 08:41

nice post..

Ide bisnis

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sekilas Bloggers - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger